Pengisian EV Fase Tunggal atau Tiga Fase
AJIPower®

BLOG

  • Home
  • Pengisian EV Fase Tunggal atau Tiga Fase
Posted On: December 27, 2021

Pengisian EV Fase Tunggal atau Tiga Fase

Kabel Pengisian EV Fase Tunggal atau Tiga Fase – Apa Bedanya?
Kendaraan listrik tidak membutuhkan pemiliknya untuk menjadi ahli listrik profesional; namun pemahaman dasar tentang fitur-fiturnya, cara kerja kelistrikan otomotif, misalnya, colokan, soket, kabel, dan pengisi daya sangat penting seperti halnya pemilik yang rajin membaca tentang mekanika dasar untuk mobil berbahan bakar fosil. Singkatnya, pemilik perlu mengetahui detail penting tentang kecepatan pengisian dan bagaimana perangkat pengisi daya, kabel pengisi daya, ukuran, dan model EV akan memengaruhi kecepatan.
Perbedaan Tenaga Listrik Satu Fasa dan Tiga Fasa:
Soket listrik rumah standar di bangunan tempat tinggal, menyediakan daya satu fase sedangkan perangkat pengisian normal (yang juga disebut perangkat pengisian lambat) dan bangunan komersial memasok arus bolak-balik tiga fase ke kendaraan listrik.
Sirkuit tiga fase berbeda dari fase tunggal standar dengan bantuan dua kabel tambahan, L2 & L3. Ini memasok daya ke kendaraan listrik dan dengan demikian mobil akan mengisi daya tiga kali lebih cepat dari kecepatan pengisian fase tunggal normal.
Kabel pengisi daya juga dioptimalkan untuk memfasilitasi pengisian satu fase dan tiga fase. Kabel pengisi daya yang sepenuhnya beralih otomatis tersedia secara luas di pasar.
Kabel premium ini memungkinkan pemiliknya untuk menggunakan kabel 3 fase pada titik pengisian fase tunggal atau mobil fase tunggal, sebaliknya kabel fase tunggal sangat aman untuk digunakan pada titik pengisian komersial 2 fase.
Arus Bolak-balik dan Arus Langsung:
Baterai kendaraan listrik memerlukan Arus Langsung (DC) untuk mengisi daya, tetapi perangkat pengisian standar atau catu daya biasa mengirimkan Arus Bolak-balik (AC) ke EV, oleh karena itu pengisi daya bawaan kendaraan mengubah AC itu menjadi DC.
Untuk menyederhanakan penjelasan, perhatikan bahwa listrik mengalir dari soket listrik ke pengisi daya EV built-in dan di sana Arus Bolak-balik diubah menjadi Arus Langsung (yang sesuai dengan baterai) dan baterai terisi dengan aman.
Perangkat pengisian cepat bekerja dengan memasok Arus Langsung ke baterai, dan oleh karena itu konversi ini tidak perlu terjadi dan sebagai akibatnya akan mengisi daya dengan cepat.
Fitur Kabel Pengisian Satu Fasa dan Tiga Fasa.
Dengan pengisian standar, di mana EV akan dicolokkan ke soket AC fase tunggal, kabel pengisi daya akan memiliki colokan BS1363 tiga pin seperti yang biasa digunakan di rumah tangga.Hal ini mengakibatkan kabel pengisi daya hanya memberikan output daya sekitar 3kW.
Dengan demikian, baterai EV 24kW standar akan membutuhkan sekitar 8 – 12 jam untuk beralih dari status kosong ke tingkat terisi penuh.
Output daya dari steker yang ditambatkan atau soket titik pengisian biasanya 22kW atau 7kW pada AC fase tunggal 32 amp. Di rumah, pengisi daya cepat dapat dengan mudah dipasang di dinding garasi dengan steker yang kompatibel dengan EV, seperti steker J1772 yang ditambatkan, steker Tipe 2, atau soket Tipe 2.
Dengan output daya 3.6kW atau 7kW, mereka akan mengisi penuh baterai yang habis dalam waktu 4 – 6 jam.
Dalam pengaturan komersial, seperti tempat kerja atau di lokasi jalan, unit pengisian biasanya possess Tipe 2 soket tujuh pin dan output daya yang mereka berikan adalah 3.6kW, 7kW, 11kW, atau 22kW pada 16 atau 32 Amp sirkuit AC radial satu atau tiga fase. Kabel pengisian EV yang sesuai untuk digunakan dengan unit pengisian cepat akan memiliki colokan Tipe 2 atau colokan J1772 di ujung kendaraan.Waktu pengisian rata-rata dengan unit pengisian cepat di tempat kerja adalah 1 – 4 jam tergantung pada efisiensi konverter AC ke DC.
Biaya Listrik untuk Pengisian:
Konsumsi listrik dan biaya pengisian tergantung pada kebiasaan mengemudi pemilik mobil EV dan jumlah peralatan tambahan yang digunakan; pendingin ruangan misalnya. Rata-rata orang mengemudi 47 kilometer dalam sehari dan dengan rutinitas mengemudi standar, Semakin banyak Anda memakai, semakin banyak yang harus Anda bayar, terlepas dari kenyataan apakah Anda mengisi daya dari soket fase tunggal domestik atau unit pengisian cepat tiga fase di tempat kerja.

admin
Posts made: 13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts
You May Also Like