SOLAR EV CHARGER

Kendaraan Listrik saat ini masih mendapatkan persentase kecil dari semua kendaraan yang dijual di seluruh dunia,tetapi dengan sebagian besar perusahaan otomotif besar sekarang mengembangkan Kendaraan Listrik dan plug-in hybrid (PHEV),penyerapan EV akan meledak selama 5 hingga 10 tahun ke depan. 
Banyak pengemudi sudah mempertimbangkan EV sebagai pilihan untuk pembelian kendaraan mereka berikutnya,tetapi kekhawatiran tentang harga, pengisian daya, dan kecemasan jangkauan menahan banyak orang untuk membeli.
Namun, dengan turunnya biaya EV, ditambah manfaat perawatan yang rendah dan biaya operasional yang sangat rendah dibandingkan dengan kendaraan bensin dan diesel tradisional, EV terlihat jauh lebih menarik bagi pembeli reguler, terutama yang menggunakan solar di atap.

Apa itu Pengisi Daya Mobil Listrik Tenaga Surya?
Pengisi daya mobil listrik tenaga surya adalah sarana pengisian kendaraan listrik Anda dengan tenaga surya.
Ini dapat berupa perangkat khusus yang dimaksudkan untuk digunakan dengan energi matahari atau pengisi daya mobil listrik biasa yang dihubungkan ke peralatan tambahan dalam tata surya yang ada.
Secara keseluruhan, pengaturan pengisian mobil listrik tenaga surya umumnya terdiri dari komponen-komponen ini:
• Panel surya : Panel surya terdiri dari sel fotovoltaik (PV), yang mengubah cahaya matahari menjadi listrik DC.
• Inverter : Sistem surya menghasilkan daya DC, sedangkan kendaraan listrik membutuhkan daya AC untuk mengisi daya. Inverter mengubah listrik DC menjadi AC, yang diperlukan untuk mengisi bahan bakar kendaraan listrik. Dalam pengisi daya surya khusus, inverter terintegrasi dalam peralatan pasokan kendaraan listrik.
• Peralatan pasokan kendaraan listrik (EVSE): EVSE adalah cara kendaraan Anda menerima energi dari sumber listrik. Ini terdiri dari antarmuka, perangkat lunak, konduktor listrik, dan protokol yang memungkinkan pengiriman listrik yang aman ke baterai kendaraan Anda. Ada tiga klasifikasi EVSE. Level 1 dan 2 masing-masing menyediakan 120 dan 240 volt daya AC. Level 3 EVSE menyediakan daya DC pengisian cepat pada 480 volt atau lebih.
• Sistem penyimpanan baterai: Sistem penyimpanan baterai memastikan energi matahari Anda tidak terbuang percuma.
Saat kendaraan Anda terputus, sistem terus menyimpan energi yang dihasilkan panel surya Anda.
Saat Anda menyambungkan kembali kendaraan Anda, itu dapat mengisi daya yang tersimpan sepanjang hari.
Dibandingkan dengan pengisian EV bertenaga grid, solar menawarkan beberapa keuntungan:
• Keandalan : Kombinasi energi surya dan penyimpanan baterai memungkinkan Anda untuk mengisi bahan bakar kendaraan listrik Anda selama pemadaman listrik dan sinar matahari rendah.
• Penghematan biaya : Jika Anda membagi total biaya pemasangan di muka dengan jumlah total energi yang dapat Anda harapkan darinya selama masa pakainya, biaya per jam tata surya kemungkinan akan lebih rendah daripada energi jaringan.
Juga, perhitungan ini adalah angka yang konstan, sementara biaya energi jaringan kemungkinan akan meningkat dari waktu ke waktu.
• Energi bersih : Pengaturan pengisian daya EV bertenaga surya mengurangi penggunaan energi dari sistem yang ditenagai oleh bahan bakar fosil. Dalam sistem yang benar-benar off-grid, tidak ada penggunaan bahan bakar fosil sama sekali.
Beralih ke tenaga surya untuk kebutuhan pengisian Anda lebih ramah lingkungan karena memungkinkan Anda untuk mengurangi ketergantungan kendaraan Anda pada sumber energi yang menghasilkan emisi karbon.

Panduan Anda untuk Pengisi Daya Mobil Listrik Tenaga Surya
Pengisi daya mobil listrik, juga dikenal sebagai pengisi daya EV, adalah aksesori rumah yang berguna bagi pemilik mobil listrik.
Sebagian besar pengisi daya menyalurkan listrik dari jaringan listrik, yang dengan sendirinya memperoleh energi dari pembakaran batu bara atau gas.
Alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk pengisi daya bertenaga jaringan standar adalah pengisian daya surya.
Kami telah membuat panduan ini untuk membantu Anda memilih pengisi daya mobil listrik tenaga surya untuk kendaraan listrik Anda sendiri.

Jenis Pengisi Daya Mobil Listrik Tenaga Surya
Jika Anda memiliki mobil listrik dan tertarik untuk keluar dari jaringan,
Anda dapat memilih untuk memasang pengisi daya terintegrasi atau menambahkan inverter secara terpisah ke pengaturan pengisian daya rumah berbasis tenaga surya.

Instalasi Terintegrasi
Pengisi daya listrik tenaga surya terintegrasi adalah pengisi daya rumah yang dikombinasikan dengan inverter untuk mengubah energi DC menjadi AC.
Beberapa pengisi daya terintegrasi, seperti Zappi by MyEnergi, dapat mengalihkan kelebihan daya dari panel surya ke port pengisian daya mobil listrik Anda.
Lainnya, seperti inverter dan pengisi daya EV, dapat melengkapi daya jaringan dengan energi matahari untuk pengisian daya yang ditingkatkan.
Selain pemasangan, pengisi daya terintegrasi tidak memerlukan pengaturan atau kabel tambahan.

Cara Memilih Pengisi Daya Mobil Listrik Tenaga Surya
Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan metode pengisian solar EV Anda:
Waktu pengisian
Pengisi daya level 1 dapat memakan waktu antara 8 dan 16 jam untuk mengisi penuh.
Sebagai perbandingan, waktu pengisian untuk pengisi daya level 2 adalah sekitar 6 hingga 8 jam.
Jika Anda berkendara terutama jarak pendek, Anda mungkin dapat melakukannya dengan baik hanya dengan pengisi daya level 1.
Namun, Jika Anda mengendarai kendaraan untuk jarak yang jauh setiap hari, waktu pengisian rata-rata Anda kemungkinan akan lebih lama, jadi Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membayar lebih untuk pengisi daya level 2.
Kebutuhan Off-Grid
Opsi pengisian mobil listrik tenaga surya yang saat ini ada di pasaran memiliki tingkat ketergantungan yang berbeda-beda pada energi jaringan.
Jika Anda terutama tertarik untuk benar-benar keluar dari jaringan, pengaturan inverter terpisah lebih mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.
Namun, jika Anda puas dengan melengkapi energi on-grid dengan tenaga surya, opsi terintegrasi seperti SolarEdge adalah opsi yang tepat.
Keahlian
Keahlian relevan untuk memilih antara instalasi terintegrasi atau terpisah.
Jika Anda memiliki pengetahuan tentang inverter tenaga surya dan cara mengatur sistem tenaga surya untuk penggunaan optimal, memasang inverter Anda sendiri secara terpisah dapat memungkinkan Anda mengontrol distribusi energi dengan lebih baik.
Sebaliknya, jika Anda lebih suka sistem yang disederhanakan ditangani oleh perusahaan instalasi, memilih pengisi daya EV terintegrasi mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.
Hal ini terutama berlaku jika Anda menyiapkan panel surya pada saat yang sama dengan stasiun pengisian daya di rumah Anda.
Opsi terintegrasi dalam hal ini dapat mengurangi waktu pemasangan dan menghemat uang dalam jangka panjang.